Lompat ke isi utama

Berita

Tiga Bakal Calon Bupati/ Wakil Bupati Kuansing Mendaftar, Ketua Bawaslu Ucapkan Selamat dan Himbau ASN Jaga Netralitas

gambar

Teluk Kuantan (30/ 08/ 2024) - Ketua Bawaslu Kuantan Singingi (Kuansing), Mardius Adi Saputra, SH., MH mengucapkan selamat kepada tiga pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar ke KPU Kuansing. Adi mengingatkan para pihak yang dilarang berpolitik praktis  seperti ASN agar menjaga netralitas. 

Seluruh Komisioner Bawaslu Kuansing hadir untuk melakukan Pengawasan Melekat  proses pendaftaran Calon Kepala Daerah pada Pilkada 2024. Tiga pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kuansing  mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing, Kamis (29/08/2024) di Teluk Kuantan. Pendaftar pertama Pasangan   DR. H. Suhardiman Amby, MM – H. Muklisin, S.Pd, mendaftar di KPU Kuansing pada pukul 09.15 WIB, pasangan kedua, H. Halim – Sardiyono, A.Md, tiba di KPU Kuansing pukul 11.45 WIB, sedangkan pasangan ketiga, DR. Adam, SH, MH – H. Sutoyo, SH, melakukan pendaftaran pada pukul 15.00 WIB.

Usai pendaftaran, Ketua Bawaslu Kuansing, Mardius Adi Saputra, SH., MH mengucapkan selamat kepada tiga pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan berkompetisi pada Pilkada serentak 2024 ini. “Pertama, kita mengucapkan selamat kepada Bakal Calon yang mendaftar. Kita mengawasi secara langsung, pengawasan melekat baik pada KPU maupun Bakal pasangan Calon yang mendaftar. Kita menghimbau kepada Bakal pasangan Calon agar menjalani tahapan sampai ditetapkan sebagai Calon Tetap oleh KPU Kuansing,” sebut Adi.

Ditambahkannya, tahapan selanjutnya yang akan dijalani oleh Bakal Calon Bupati/ Wakil Bupati adalah tes kesehatan, verifikasi administrasi, verifikasi faktual, sampai ditetapkan sebagai Calon Tetap oleh KPU Kuansing.

Bakal  Calon Bupati/ Wakil Bupati juga dihimbau agar  menahan diri untuk tidak berkampanye sebelum masuknya masa kampanye. Lebih jauh,  para pihak yang dilarang berpolitik praktis juga dihimbau agar tidak turut berpolitik praktis dalam pesta demokrasi di Kuansing 2024.

“Kita juga menghimbau kepada pihak-pihak  yang dilarang  ikut berpolitik praktis agar tidak ikut berpolitik praktis  dalam kontestasi Pilkada tahun 2024, seperti ASN, Kepala Desa, Perangkat desa, dan lainnya,” sebut Adi. 

Ketua Bawaslu Kuansing  berharap ketiga pasangan Bakal Calon Bupati/ Wakil Bupati dapat menjunjung kebersamaan dan kedamaian, sehingga Pilkada Kuansing berjalan dengan aman, damai dan lancar.  

Bawaslu Kuansing telah memulai pengawasan terhadap proses pencalonan kepala daerah kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2024, Rabu (28/8). Hari kedua Pendaftaran Calon kepala daerah Kuansing Bawaslu lakukan Pengawasan Melekat pada proses pendaftaran calon kepala daerah dipilkada 2024.

Penulis: Darulhuda