Lompat ke isi utama

Berita

Rusidi Rusdan: ” Pencegahan Terbaik adalah Penindakan yang Tegas”

Teluk Kuantan (31/08/2020) – Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan mengatakan bahwa salah satu bentuk pencegahan terbaik adalah dengan melakukan penindakan yang tegas. Hal ini sesuai cita-cita Bawaslu sebagai lembaga pengawal terpercaya dalam penyelenggaraan Pemilu demokratis, bermartabat, dan  berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Rusidi dalam sambutannya pada acara pembukaan Training of Trainer (ToT) Modul Bimtek kepada Bawaslu Kabupaten/Kota dalam rangka Bimbingan Teknis bagi Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa, di Hotel Bono Pekanbaru, Sabtu (29/8/2020).

“Harus kita sadari, masyarakat menaruh harapan besar kepada Bawaslu untuk menciptakan Pemilihan yang berintegritas dan demokratis, masyarakat menunggu tindakan nyata pengawas dalam menegakkan keadilan Pemilu, dan ini harus dapat kita buktikan kepada mereka meskipun jalan yang akan kita tempuh adalah jalan yang terjal, penuh onak dan duri,” ujar Rusidi.

Namun demikian, Rusidi mengatakan, jalan lain untuk menciptakan Pilkada yang berintegritas adalah dengan cara mengaktifkan dan memasifkan sosialisasi. Jalan ini dipandang lebih aman namun melelahkan karena menguras tenaga yang lebih besar.

“Ada 3 kunci untuk mencapai keberhasilan dalam sosialisasi yaitu rajin, kreatif, dan bermental baja. Karena sosialisasi adalah brand pengawas Pemiu, maka mari kita gencarkan, masifkan, dan kreatifkan,” ajak Rusidi.

Di akhir sambutannya Rusidi berharap kepada Bawaslu Kabupaten/Kota untuk menyampaikan ilmu yang diperoleh kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa dengan baik dan jelas, sehingga tercipta satu kesepahaman kepada seluruh pengawas Pemilu.

Kegiatan yang direncanakan selama 3 hari ini diikuti oleh Ketua, Anggota, dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota yang melaksanakan  Pilkada Serentak Tahun 2020, sedangkan pembicara dalam kegiatan ini yaitu Ketua dan Anggota Bawaslu Riau, Kepala Sekretariat, Kepala Bagian, dan Kepala Subbagian di lingkungan Bawaslu Riau.

Tag
BERITA