Lompat ke isi utama

Berita

Menjadi Narasumber Webinar Daerah, Mardius : Seluruh Tahapan Pilkada Harus Mengikuti Standar Protokol Covid - 19

Teluk Kuantan (05/07/2020) – Ketua Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi menjadi narasumber dalam kegiatan Webinar dengan tema Pilkada Kuansing ditengah Pandemi Covid – 19 yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari minggu tanggal 5 Juli 2020 melalui aplikasi google meet.

Narasumber dalam kegiatan tersebut diisi oleh Mardius Adi Saputra, SH Ketua Bawaslu Kuansing, Wigati Iswandiari, ST., MM Komisoner KPU Kuansing dan dr. Amelia Hasrin juru bicara gugus tugas Covid – 19 Kab. Kuantan Singingi. Kegiatan webinar tersebut diikuti oleh masyarakat Kuansing dari berbagai kalangan.

Kegiatan ini dilaksanakan  sebagai bentuk sosialisasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Kuantan Singingi yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Ketua Bawaslu Kuansing Mardius Adi Saputra, SH dalam webinar tersebut menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan pilkada ini secara umum tidak ada yang berubah, hanya saja penyelenggara  dan pemilih nantinya akan menyesuaikan dengan protokol covid - 19.

Sebagai mana yang diketahui dimana penyelenggara Pemilu terdiri dari KPU, Bawaslu dan DKPP dengan adanya pandemi covid 19 ini, seluruh penyelenggara harus mengikuti arahan dari gugus tugas penanganan covid – 19 yang dibentuk oleh pemerintah.

Dalam penyelenggaraan pemilihan umum  ini ada beberapa negara yang akan melaksanakannya seperti Pada bulan juli ini akan dilaksanakan pemilu di negara singapura dan negara amerika pada bulan november mendatang. “Ini adalah sejarah pertama kita di indonesia melaksanakan penyelenggaraan pilkada dengan kondisi  pandemi covid - 19, kita berharap agar penyelenggaraan pilkada serentak ini dapat berjalan dengan baik.” Ujar Adi dalam webinar tersebut.

Dalam hal pelaksanaan kegiatan pada setiap tahapan nantinya penyelenggara dan pemilih harus mengikuti protokol covid - 19, “jangan sampai dengan adanya pilkada serentak ini wabah pandemi semakin tinggi, Kita juga harus memastikan bahwa seluruh tahapan dalam pilkada harus mengikuti sesuai dengan standar protokol covid - 19 ”

Mengenai penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) nantinya, Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi masih menunggu arahan dari pemerintah pusat dimana APD tersebut akan dianggarkan dari APBN.

Selanjutnya Adi menjelaskan dalam tahapan kampanye ditengah pandemi nantinya akan akan banyak dilaksanakan secara  daring dan melalui sosial media. “kita Bawalsu bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan Media Sosial seperti Facebook dalam melakukan takedown untuk akun - akun yang tidak terdaftar atau akun yang menyebarkan blackcampaign, hoax dan sara dalam penyelenggaraan pilkada ” ujar Ketua Bawaslu Kuansing.

Kemudian Adi menambahkan Pada intinya kita harus optimis dalam menghadapi pilkada 2020 ini dengan selalu melakukan koordinasi dengan gugus tugas dikabupaten kuantan singingi. “Kami sebagai pengawas pemilu selain memastikan pilkada berjalan dengan baik dan sukses, juga harus memastikan seluruh penyelenggara, pemilih dan tahapan dalam pilkada 2020 mengikuti standar covid 19” tutup Adi. ***

Tag
BERITA