Lompat ke isi utama

Berita

Jelang 1 Tahun Pemilu 2024, Bawaslu Kuansing Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu

Teluk Kuantan (14/02/2023) - Jelang satu tahun pelaksanaan Pemilihan Umum tanggal 14 Februari 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi menggelar apel siaga pengawasan 1 tahun menjelang Pemilu 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari selasa (14/02/2023) bertempat dihalaman kantor Bawaslu Kuantan Singingi, di Teluk Kuantan.

Kegiatan apel ini dihadiri oleh Ketua dan Pimpinan Bawaslu Kuantan Singingi, Wakapolres Kuantan Singingi, Perwakilan dari Kejari, Pimpinan KPU Kuantan Singingi, Kepala Disdukcapil, Kepala Dandim 0302, Kepala Kantor Satpol PP, Organisasi Masyarakat, tokoh agama, persatuan paguyuban, insan Pers, Wakil Rektor Universitas Islam Kuantan Singingi, serta Organisasi Mahasiswa di Kuantan Singingi.

Bertindak sebagai komandan apel siaga, Rozi Ardinata staf sekretariat Bawaslu Kuansing. Selanjutnya peserta apel terdiri dari 45 orang Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan dan staf sekretariat Bawaslu Kuntantan Singingi.

Dalam sambutannya ketua Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Nur Afni, S.Sos menyampaikan bahwa menjelang satu tahun Pemilu 2024, Bawaslu semakin mematangkan langkah – langkah dalam mengoptimalkan pengawasan Pemilu dari berbagai aspek. “berbagai aspek yang dilakukan Bawaslu merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga kualitas demokrasi melalui Pemilu dapat berjalan dengan LUBER dan JURDIL sebagaimana telah diamanatkan oleh Undang – undang sebagai lembaga The Guardian of Democracy ” jelasnya.

Selanjutnya dalam mempersiapkan pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu RI meluncurkan aplikasi jarimu awasi Pemilu 2024, aplikasi tersebut dibuat sebagai percepatan pertukaran informasi, edukasi, literasi kepemiluan serta amanah Perbawaslu Pengawasan Partisipatif.

Dari aspek pengawasan, Afni menyampaikan bahwa Bawaslu perlu melakukan tindakan pengawasan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan setia tahapan Pemilu. “dalam melakukan pengawasan Bawaslu Kuansing berpedoman pada peraturan yang berlaku dan alat kerja pengawasan Pemilu yang telah disusun oleh Bawaslu RI dalam melakukan setiap pengawasan tahapan Pemilu 2024 ” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pembacaan deklarasi kampanye damai pemilu tahun 2024 yang disampaikan oleh Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kuantan Singingi Teddy Niswansyah, S.I.Kom dan diakhiri dengan foto bersama peserta apel siaga pengawasan 1 tahun menuju Pemilu 2024. ***

Tag
BERITA