Lompat ke isi utama

Berita

Hadiri Pleno DPS Lanjutan, Bawaslu Kuansing Lakukan Uji Sampel Data

Gambar

Teluk Kuantan (11/08/2024) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi menghadiri kegiatan lanjutan dari rapat pleno terbuka rekaputulasi dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) tingkat Kabupaten Kuantan Singingi pada Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Pleno dihadiri Ketua Wawan Ardi, anggota KPU Yose Rizal, Oki Heriyanto dan Yeni Gusneli yang memimpin pleno, selanjutnya juga turut hadir Bawaslu Kuantan Singingi, Kapolres Kuantan Singingi, Perwakilan dari Kejari Kuantan Singingi serta Perwakilan dari Partai Politik dan PPK se Kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Kuantan Singingi Wawan Ardi menyampaikan bawah dari hasil pleno KPU penetapan DPS ada penambahan data pemilih dibandingkan Pileg 2024 lalu, dari 251.196 pemilih menjadi 256.266 pemilih untuk DPS pada Pemilihan Serentak 2024 di Kuantan Singingi dengan jumlah TPS sebanyak 608 TPS.

Selanjutnya Anggota Bawaslu Kuantan Singingi Nur Afni menyampaikan terkait dengan perubahan data pemilih, data ganda, meninggal, perubahan jumlah TPS yang disampaikan PPK dan melakukan uji sampel pemilih secara acak dari data yang disampaikan PPK.

Menurut Afni, dari hasil pemuktahiran data pemilih, memang terjadi penambahan. Dari 251.196 pemilih dalam Pileg 2924 menjadi 256.266 pemilih dalam DPS atau terjadi penambahan 5.070 pemilih. Tapi masih bisa berubah bila ada yang tertinggal sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). ***

Penulis : Rendy P Silaban