Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu RI Launching SKPP tahun 2020, Sebanyak 20.665 Pendaftar seluruh Indonesia

Teluk Kuantan (10/04/2020) - Bawaslu Republik Indonesia melaunching Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tahun 2020 secara data jaringan (daring) pada kamis, tanggal 9 april 2020. Launching SKPP ini diikuti seluruh pimpinan Bawaslu RI di Jakarta dan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/kota serta alumni SKPP se Indonesia.

Tampak speak dimulai oleh M. Afifudin, selanjutnya Rahmat Bagja, Fritz Edwar Siregar dan Ratna Dewi Petalolo yang tengah berada di Palu. Terakhir speak dan pembukaan SKPP dilakukan oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan Misbah.

Dalam kesempatan itu, Bawaslu Kuantan Singingi diwakili oleh Teddy Niswansyah, S.IKom, Kordiv Pengawasan Humas Hubal yang mengikuti acara secara daring. "Saya berharap dalam SKPP tahun ini ada peserta dari Kabupaten Kuansing sehingga kedepan dapat menjadi pengawas partisipatif dalam pengawasan Pilkada serentak" ujar Teddy.

Selanjutnya, M. Afifudin sebagai penanggung jawab SKPP menguraikan "pelaksanaan SKPP secara daring merupakan inovasi pengawasan partisipatif yang dijalankan dalam situasi sulit seperti sekarang ini" katanya. Afifudin menambahkan "Sebanyak 20.665 pendaftar akan mengikuti SKPP daring yang akan memunculkan kader-kader pengawasan sebagai perpanjang tanganan Bawaslu untuk mengawasi Pilkada".

Kemudian, Ketua Bawaslu RI, Abhan menyebutkan "Alhamdulillah Bawaslu dapat melaunching SKPP secara daring, bahwa covid 19 bukan halangan namun Bawaslu dapat berkreasi, berkontribusi pada situasi sekarang". "Nantinya alumni SKPP menjadi pion yang menebar virus pengawasan dan mampu mendirikan lembaga pemantau di daerah masing-masing dan menjadi pengawas partisipatif" imbuhnya.

Launching SKPP ditutup dengan peniupan lilin bersama oleh Pimpinan Bawaslu RI dalam rangka memperingati hari jadi Bawaslu ke 12 pada tanggal yang sama dengan Launching SKPP. ***

Tag
BERITA