Lompat ke isi utama

Berita

Meminimalisir Pelanggaran ASN, Bawaslu Gelar Rakornas Netralitas ASN

Gambar

Jakarta, Anggota Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Ade Indra Sakti bersama staf menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala Daerah, Menjaga Netralitas ASN pada Pemlihan Serentak tahun 2024 yang  dilaksanakan oleh Bawaslu RI, bertempat di Ecovention Ancol, Jakarta Utara. Selasa (17/9/2024)

Pada kesempatan tersebut, Ketua Badan Pengawas Pemilu RI menghimbau seluruh Kepala Daerah untuk menjaga netralitas aparatur sipil negara dilingkungan pemerintah daerah masing-masing saat pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 yang saat ini tengah memasuki tahapan penetapan pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah.

“KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Indonesia akan menetapkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota pada Tanggal 22 September nanti , sehingga ini  yang kemudian membuat kami harus berpikir dan bekerja keras agar netralitas ASN dapat kita jaga secara bersama-sama,” ujar Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Dirinya juga Ia menggarisbawahi peran vital kepala daerah dalam menjaga netralitas ASN dan mengingatkan bahwa pelanggaran dapat merusak kepercayaan publik terhadap proses pemilihan. Sehingganya  kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam menciptakan pemilihan yang bersih dan berintegritas, serta menjelaskan langkah-langkah konkret untuk memantau dan menindaklanjuti potensi pelanggaran.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Ade Indra Sakti mengatakan bahwa Rakor ini sangat penting mengingat dalam indeks kerawanan pemilihan yang dikeluarkan oleh Bawaslu, isu netralitas ASN adalah salah satu dari tiga isu yang menjadi kerawanan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

"Netralitas ASN merupakan salah satu isu paling krusial dalam gelaran Pilkada Serentak tahun 2024, sehingga perlu ada kesamaan pemahaman antara Bawaslu dan Kepala daerah dalam menjaga netralitas ASN itu sendiri" ujar ade

Ketua Bawaslu RI juga menyampaikan ucapan terimakasih kepala Kepala Daerah atas kerjasamanya selama ini. Dengan harapan dapat bersama-sama menjaga netralitas ASN agar aparatur negara tersebut melakukan fungsi pelayanan publiknya. Tidak terganggu oleh tahapan pendaftaran, kampanye, dan pemungutan serta penghitungan suara.

“Ini yang kami harapkan. Kita terus berkoordinasi dan sosialisasikan bersama-sama. Semoga pemilihan kepala daerah dapat kita lakukan dengan baik,” ujarnya.

Rakoornas di akhiri dengan pengucapan deklarasi Kepala Daerah, menjaga netralitas ASN pada Pemilihan Serentak Tahun 2024. ***

Penulis : iqbal