Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Turun Langsung Awasi TPS Dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020

Teluk Kuantan (17/12/2020) – Pada hari hari H pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2020. Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi turun langsung dalam melakukan monitoring dan pengawasan secara langsung ke beberapa titik TPS. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 9 Desember 2020.

Dalam pengawasan tersebut diikuti langsung oleh ketua dan anggota Bawaslu Kuansing serta staf sekretariat Bawaslu Kuansing. Fokus utama dalam pengawasan tersebut selain memastikan pemilih yang hadir sesuai dengan surat suara yang digunakan, Bawaslu Kuansing bersama jajaran juga memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan Covid – 19 di setiap TPS.

Kemudian Bawaslu Kuansing juga melakukan monitoring dan pengawasan pada titik – titik TPS rawan seperti dirumah sakit, Lembaga Pemasyarakatan serta tps yang berada ditahanan Polres. Hal ini dilakukan dalam memastikan bahwa seluruh masyarakat yang tercatat sebagai warga Kuansing yang sudah memiliki hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya.

Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Kuansing Teddy Niswansyah yang turun langsung dalam monitoring dan pengawasan ke TPS tersebut menyampaikan bahwa “ tanggal 9 Desember adalah puncak tahapan Pilkada tahun 2020. Proses pemungutan dan penghitungan suara yang berjalan hari ini sebanyak 686 TPS dan diawasi langsung oleh Pengawas TPS yang telah dibekali kapasitas pengawasan.

Teddy menambahkan, sejauh ini terdapat beberapa catatan pengawasan yang ditemukan dilapang oleh pengawas. "Setakat ini ada beberapa catatan pengawasan yang ditemui di lapangan, seperti TPS di rumah ibadah, KPPS yang tidak mau memberikan salinan DPT dan sarung tangan yang diberikan tidak lengkap kepada pemilih dan sebagainya ” ujar Kordiv PHL Bawaslu Kuansing ***

Tag
BERITA