Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Ikuti Diskusi Daring Bertema “ Satu Jam Dekat Dengan DKPP ”

Teluk Kuantan (16/05/2020) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti diskusi daring melalui zoom meeting dengan tema “ satu jam dekat dengan DKPP”. Diskusi ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 16 Mei 2020 Pukul 13.00 – 14.45 Wib.

Narasumber pada kegiatan ini diisi oleh Prof Muhammad, S.IP., M.Si Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP RI). Peserta pada kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 orang peserta dari  jajaran penyelenggara Pemilu KPU dan Bawaslu, sedangkan moderator pada diskusi daring ini di moderatori oleh Endrawati, SH., MH (Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya).

Dalam diskusi ini mebahas mengenai bagaimana agar penyelenggara Pemilu terhindar dari pelanggaran kode etik dan bagaimana pula menjadi penyelenggara Pemilu yang profesional dan berintegritas.

Pemilihan yang berintegritas sepenuhnya ditentukan oleh penyelenggara Pemilu yang juga berintegritas. Dalam menjalankan tugasnya tentunya penyelenggara Pemilu harus berpedoman kepada kode etik penyelenggara Pemilu agar tidak bermuara pada sidang DKPP. Di sisi lain Penyelenggara Pemilu juga berpotensi melakukan kesalahan dalam menjalankan tugasnya, karena mereka juga manusia biasa.

Koodinator Divisi SDM Organisasi Bawaslu Kuansing  Nur Afni S.Sos yang mengikuti diskusi daring tersebut menyampaikan “ DKPP hadir bertujuan untuk memastikan proses pemilu berintegritas hingga nantinya masyarakat percaya dengan hasil pemilu.  Sebagai penyelenggara pemilu bukanlah bekerja pada jam kerja saja melainkan jabatan penyelenggara melekat pada diri penyelenggara agar kita dapat menjaga perilaku, profesional harus menghilangkan prinsip -prinsip yang keliru. Penyelenggara pemilu, yang mana harus bekerja penuh waktu dan sepenuh hati. sesungguhnya DKPP itu hadir untuk mengawal penyelenggara berada didepan membawa penyelenggara menjadi terhormat.” Ujar Afni

Tag
BERITA