Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Hadiri Rapat Persiapan Program Kerja Tahun 2023

Teluk Kuantan (26/02/2023) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi menghadiri kegiatan Rapat Evaluasi Kegiatan Tahun 2022 dan Persiapan Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2023 pada divisi SDMO dan diklat. Acara tersebut dilaksanakan pada hari senin s.d rabu ( 20 - 22 Februari 2023) bertempat Clara Hotel, Makasar.

Peserta dalam kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Kota se Indonesia.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pimpinan Bawaslu RI bpk. Herwyn J. H. Malonda, M. Pd., M.H. Dalam sambutan menyampaikan bahwa tahapan Pemilu yang akan diawasi semakin padat, Tugas pengawasan saat ini sudah dilakukan oleh seluruh jajaran Bawaslu kab/kota hingga pengawasa ad hoc. Pengawasan tidak lagi tertumpu pada satu divisi, yang mana saat ini divisi SDMOD mengawasi tahapan seleksi ad hoc KPU dan baru saja selesai melakukan rekrutmen serta pelantikan terhadap ad hoc yaitu PKD (Panwaslu Kelurahan/Desa) dan telah melakukan pengawasan terhadap pbentukan dapil.

Dalam setiap kinerja yang dilakukan Bawaslu mendorong setiap tahapan dan pengawasan yang dilakukan dibuat dalam bentuk laporan nantinya dapat dijadikan sebuah buku. Kegiatan evaluasi ini dilakukan tidak lepas dari peraturan Bawaslu nomor 15 tahun 2020 tentang pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pengawas pemilihan umum.

Selanjutnya dalam kegiatan rapat evaluasi tersebut hadir narasumber yaitu kepala biro SDM dan umum Bawaslu, menyampaikan evaluasi kegiatan dan proyeksi program biro perencanaan dan organisasi. Bpk. Abhan menyajikan tekhnik penyusunan kegiatan divisi. Ibu Dr. Wirdaningsih, SH., MH, bpk Delmus Puneri Salim, serta tenaga ahli Bawaslu RI memaparkan evaluasi kegiatan dan proyeksi program biro keuangan dan barang milik negara. Evaluasi kegiatan dan proyeksi pusat penelitian pengembangan pendidikan dan pelatihan serta akuntanbilitas pengelolaan keuangan negara.

Hadir dalam penutupan kegiatan Bpk. Ichsan Fuady, SE selaku sekretaris jendral Bawaslu RI dan Ketua Bawaslu RI bpk Rahmat Bagja. SH. LL. M, dalam sambutanya Ketua Bawaslu mengungkapkan bahwa evaluasi dan program kerja diperlukan dalam meningkatkan kinerja kelembagaan. Selain itu, dia menyatakan Bawaslu akan membuat Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tematik.

"Hasil survei Litbang lembaga terpercaya salah satunya adalah Bawaslu (sebagai lembaga terpercaya ketiga bersama KPU). Untuk meningkatkan kinerja dan kepercayaan publik kita membuat evaluasi dan perbaikan pada program mendatang," katanya

Salah satu yang dievaluasi yakni dalam tahapan seleksi Anggota Bawaslu Provinsi dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang sudah berlangsung. "Kita berharap ada perbaikan dalam seleksi ke depan. Banyak evaluasi, tetapi 'alhamdulillah' sudah berjalan baik," tutur lelaki kelahiran Medan, 43 tahun silam ini.

Bagja menjelaskan, dalam seleksi Panwascam lalu sejumlah kendala seperti upaya menutupi data-data pelamar yang pernah menjadi tim sukses, pernah menjadi anggota partai, atau pernah diberhentikan oleh DKPP. "Ini yang ditutupi pelamar Panwascam lalu menjadi bagian dari evaluasi,' sebutnya.

Selanjutnya Ketua Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Nur Afni, S.Sos yang sekaligus mengampuh Koordinator Divisi SDMO Bawaslu Kuantan Singingi menyampaikan kegiatan merupakan evaluasi terhadap program kegiatan pengawasan tahun lalu serta menata program dan perencanaan tahun ini dan tahun berikutnya. Melalui kegiatan evaluasi ini kedepan program yang akan dirumuskan akan lebih banyak berkaitan dengan pengembangan motivasi dan karakter pengawas pemilu termasuk penguatan wawasan kebangsaan hal ini sesuai dengan arahan pimpinan RI.

Tag
BERITA