Lompat ke isi utama

Berita

Webinar Literasi Pengawasan Pemilu Series : Dinamika Daftar Pemilu Berkelanjutan 2021

Teluk Kuantan (06/11/2021) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi menggelar webinar literasi pengawasan pemilu series dengan tema Dinamika Daftar Pemilih Berkelanjutan 2021, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari senin (06/11/2021), melalui zoom meeting.

Webinar tersebut diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat umum serta penyelenggara pemilu (Bawaslu dan KPU). Narasumber dalam kegiatan tersebut diisi oleh Teddy Niswansyah, S.I.Kom., C.Me Kordiv Pengawasan Humas & Hubal Bawaslu Kuantan Singingi dan Yeni Gusneli, S.Pd Divisi Perencanaan, Data & Informasi KPU Kabupaten Kuantan Singingi. Selanjutnya keynote speaker dalam kegiatan yakni, anggota Bawaslu Riau, Neil Antariksa, A.md., SH., MH Kordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Riau sekaligus membuka kegiatan Webinar  series pertama.

Dalam sambutannya Neil Antariksa mengucapkan apresiasi kepada Bawaslu Kuantan Singingi atas diselenggaranya acara webinar  “saya menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Kuansing  yang telah menginisiasi kegiatan ini, kegiatan ini dilaksanakan  untuk mendapatkan DPB yang baik  dan akuntabel khususnya dikabupaten kuantan singingi ” ujarnya.

Berkaitan dengan dinamika DPB, Neil menjelaskan bahwa tingkat dinamisnya perubaha data cukup tinggi dimana setiap hari ada perubahan data. “ kita ketahui bahwa dinamika terkait perubahan data pemilih sangat cepat, setiap hari ada perubahan data pemilih (pemilih TMS & MS). Perlu adanya langkah-langkah kongkrit khususnya kepada teman teman KPU sebagai garda terdepan dalam melaksanakan perekapan DPB 2021“ tuturnya.

Neil membahkan, perlunya melakukan koordinasi yang baik dengan stakeholder dan berbagai pihak yang terkait yang berhunbungan dengan data pemilih.  "perlu koordinasi sampai lapisan terbawah, memang ada beberapa kendala yang dihadapi oleh teman – teman (KPU - Bawaslu) kita harus bersinergi antara Bawaslu dan Kpu hingga mendapatkan DPB yang akuntable dan akurat” katanya dalam webinar.

Dokumentasi Kegiatan Webinar Literasi Pengawasan Pemilu Series Bawaslu Kuantan Singingi

Kordiv Pengawasan Humas & Hubal Bawaslu Kuantan Singingi Teddy Niswansyah yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan "Bawaslu Kuansing melakukan strateghy pengawasan DPB dalam rangka mengawal data pemilih yang berkualitas untuk Pemilu 2024" ujarnya.

"Terdapat beberapa tantangan kedepan dalam pemutakhiran DPB, seperti mobilisasi penduduk yang relatif tinggi, kesadaran warga terkait hak pilih yang masih rendah, belum terkonfirmasi DPB secara faktual, update data sampai ke tingkat paling bawah dan DPB masih bebasis data administrasi" urainya dalam presentasi.

Setelah pemaparan materi dari dua nara sumber dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Diakusi berjalan alot mengenai dinamika daftar pemilih berkelanjutan dan evaluasi pemutakhiran data pemilih pada Pilkada 2020 lalu. ***

Tag
BERITA