Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Skill Kehumasan, Bawaslu Kuansing Ikuti Bimtek Jurnalistik

Teluk Kuantan (16/11/2021) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti bimbingan teknis jurnalistik dalam pengelolaan kehumasan di lingkungan Bawaslu Kabupaten/Kota se Riau. Bimtek yang ditaja Bawaslu Riau tersebut dilaksanakan pada hari senin (15/11/2021) bertempat aula kantor Bawaslu Riau.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Koordinator divisi humas Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, SH., LL.M Ph.D melaui zoom meeting dan dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Riau, peserta Bimtek tersebut diikuti oleh Koordinator Divisi Humas Bawaslu Kabupaten/Kota beserta staf yang membidangi kehumasan dan  stakeholder. Narasumber dalam acara tersebut diisi oleh Helfizon Assyafei, SE  (Redaktur Riau Pos) dan Al Sukri, M.I.Kom (Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UIR).

Bimtek jurnalistik dalam pengelolaan kehumasan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tim pemberitaan dan meningkatkan peran stakeholder dalam mengekpos kegiatan serta kinerja pegawasan Bawaslu. Dengan memiliki kemampuan dan ilmu yang baik dalam jurnalistik maka diharapkan humas  mampu untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara baik.

Dalam sambutannya, Koordinator divisi  Humas Bawalsu RI menyampaikan bahwa perkembangan zaman dan teknologi juga mempangarui perkembangan kehumasan, tidak hanya melalui tulisan bisa menggunakan grafik, infografis serta dalam bentuk video.

“untuk membangun citra yang positif bagi lembaga kita, maka perlu melakukan perubahan dan peningkatan keilmuan dalam penulisan dan pembuatan conten yang lebih menarik agar dapat diterima ditengah masyarakat ” ujarnya.

Kemudian frizt menambahkan, sebagai lembaga publik kita harus memberikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat “keterbukaan informasi merupakan kunci utama dalam lembaga publik agar meningkatkan kepercayaan dari masyarakat” tungkasnya.

Selanjutnya Amirudin Sijaya S.Pd., MM Kordiv Humas, Hukum & Datin Bawalsu Riau menyampaikan bahwa dalam kesiapan pelaksaan Pemilu dan Pilkada serentak 2024, kehumasan Bawaslu Riau harus melakukan evaluasi serta meningkatkan kemapuan jurnalistik “ kita berharap dengan bimtek yang kita laksanakan ini kehumasan kita semakin matang dan berkualitas dalam menyampaikan seluruh hasil kinerja Bawaslu kepada masyarakat ” ujarnya.

Koordinator divisi pengawasan humas & hubal Bawaslu Kuantan Singingi Teddy Niswansyah, S.I.Kom C.Me yang menghadiri langsung kegiatan tersebut menyampaikan "kegiatan ini menjadi referensi  untuk media massa yang dimiliki Bawaslu Kuansing seperti, website, buletin News, Bawaslu Kuansing TV dan akun medsos lainnya dalam teknik penulisan berita dan informasi kepada khalayak, semoga kita dapat meningkatkan kualitas paska Bimtek ini " ujarnya.

Kegiatan berlangsung dengan diskusi antara peserta bimtek dengan narasumber terkait dengan ilmu dasar jurnalistik dan tentang tatacara penulisan berita yang sesuai dengan kaida jurnalistik. ***

Tag
BERITA