Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Pengelolaan Media Sosial dan Kehumasan, Bawaslu Kuansing Ikuti Bimtek Kehumasan

Teluk Kuantan (20/06/2022) – Badan Pengawasn Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti bimbingan teknis pengelolaan kehumasan Bawaslu Kabupaten/Kota se Provinsi Riau : Menajemen Media Sosial dan Pelayanan Kehumasan yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Riau. kegiatan ini dilaksanakan pada hari jum’at (17/06/2022) bertempat di aula kantor Bawaslu Riau.

Peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh Koordinator Divisi Humas serta dua orang staf yang membidangi kehumasan di Bawaslu Kabupaten/Kota se Riau. kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Divisi Hukum, Humas Datin Bawaslu Riau Amiruddin Sijaya, S.Pd., MM, Koordinator Divisi SDM Bawaslu Riau Hasan, M.Si., Kabag Hukum, Humas dan Datin Dona Donora, SH., MH, Kabag Pengawasan Tarmizi, AP. Sedangkan narasumber dalam kegiatan ini diisi oleh Assyari Abdullah yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi UIN SUSKA Riau dan Nugroho Noto Santoso dari KPU Provinsi Riau.

Kegiatan bimtek ini dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty melalui zoom meeting. beliau menyampaikan tahapan Pemilu sudah dimulai, perlu adanya upaya tata kelola kehumasan yang maksimal untuk Bawaslu Provinsi Riau maupun Bawaslu Kabupaten/Kota sehingga menciptakan engagement yang baik kepada masyarakat dalam hal berkomunikasi serta publikasi.

“Kita masih punya tugas penting dalam publikasi seperti intensitas postingan dimana satu hari minimal harus ada satu postingan, jarak postingan diatur sesuai waktunya, lalu bagaimana kita dapat mengajak masyarakat berpartisipasi dan merespon secara cepat dalam melakukan audiensi dan memberikan informasi yang informatif, serta konsisten dan akurat dalam memberikan informasi. Jangan pernah memposting yang kita ragukan kebenarannya, keabsahannya, isu yang diangkat aktual serta telah terkoordinasi di seluruh divisi ,” Katanya saat memberikan sambutan kegiatan.

Selanjutnya Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Teddy Niswansyah, S.I.Kom yang menghadiri kegiatan bimtek tersebut menyampaikan bahwa " Alhamdulillah, kegiatan kehumasan ini kita banyak memperoleh knowledge dan gagasan kedepannya. Penggunaan aplikasi informasi teknologi dan pengelolaan media sosial secara massif perlu ditingkatkan sehingga mempermudah dan membantu tugas-tugas pengawasan" ujar Kordiv PHL Bawaslu Kuansing setelah mengikuti bimtek tersebut.

Teddy menambahkan, Bawaslu Kuansing juga telah memanfaatkan beberapa media sosial yang ada tidak hanya terfokus pada halaman website "selain website, Bawaslu Kuansing juga mengoperasikan facebook, instagram, youtube, dan tiktok tidak lain sebagai saluran informasi dan komunikasi publik" ungkapnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing masing narasumber berkaitan dengan perkembangan teknologi untuk penunjang kehumasan serta tata kelolah kehumasan yang baik agar kehumasan dapat berjalan lebih optimal. ***

Tag
BERITA