Lompat ke isi utama

Berita

SKPP Tingkat Dasar Tahun 2021 Digelar

Teluk Kuantan (05/09/2021) – Sekolah Kader Pengawas Partisipatif yang disingkat SKPP Kabupaten Kuansing dan Kampar akhirnya dilaksanakan di Kabupaten Kampar, 1 September lalu.

Sebelumnya para peserta telah melalui beberapa tahapan penjaringan calon peserta Sekolah Kader Pengawas partisipatif (SKPP) Tahun 2021. peserta SKPP Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti pendidikan diklat tingkat dasar selama 3 hari. kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari rabu s.d jum’at tanggal 1 s.d 3 september 2021 bertempat di hotel labersa, Kampar.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan dan dihadiri oleh Anggota Bawaslu Provinsi Riau, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi dan Bawaslu Kabupaten Kampar, Staf Ahli Pemerintah Kabupaten Kampar serta undangan lainnya.

Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi yang memfasilitasi peserta dalam mengikuti langsung kegiatan pembejalaran tingkat dasar tersebut ke lokasi acara dimana Kabupaten Kampar adalah salah satu tuan rumah dari penyelengaraan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Tahun 2021 ini. Wilayah Provinsi Riau ada 3 (tiga) lokasi penyelenggaraan SKPP tingkat dasar yakni Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak dan Kota Dumai dari 100 titik pelaksanaan se-Indonesia.

Ketua Bawaslu Republik Indonesia Abhan Misbah dalam sambutannya menyampaikan “semakin banyak yang mengawasi Pemilu maka semakin bernilai tinggi pula kualitas Bawaslu dan dapat menumbuh kembangkan Pengawas-pengawas yang bermarwah dan bermutu” ujarnya saat memberikan sambutan secara daring pada Pembukaan Kegiatan Nasional Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Bawaslu Tingkat Dasar  Kabupaten Kampar dan Kabupaten Kuantan Singingi.

Neil Antariksa, AMd, SH., MH Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Riau menyampaikan "Alhamdulillah pelaksanaan SKPP dasar Kabupaten Kampar dan Kabupaten Kuansing berjalan sukses dan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan covid 19 yang ketat. Seluruh peserta antusias mengikuti proses belajar. ” ujarnya (jumat/03/09/2021) setelah kegiatan SKPP titik pertama di Riau. 

Neil berharap nantinya alumni dari SKPP ini dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat kepada masyarakat “Saya berharap kader pengawas partisipatif mampu mengaplikasikan pengetahuan dan bekal yang didapat selama ini di tengah masyarakat, menjelang pemilu serentak tahun 2024 mendatang, saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dan mendukung sehingga kegiatan SKPP ini berjalan lancar" harapnya.

Selanjutnya Koordinator Divisi Pengawasan Humas Hubal Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Teddy Niswansyah, S.I.Kom yang bertindak sebagai mentor dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa "SKPP secara luring ini dilaksanakan dengan Prokes yang ketat. Narasumber kegiatan SKPP berasal dari pusat dan provinsi. Peserta SKPP sangat antusias mengikuti proses belajar di SKPP dasar dan nantinya akan diseleksi lima orang peserta terbaik untuk mengikuti SKPP tingkat lanjutan."  tukasnya.

Setelah menjalani pendidikan selama 3 hari, para peserta diberikan sertifikat dan lima peserta terbaik masing-masing Kabupaten akan mengikuti pendidikan tingkat lanjutan se Provinsi Riau. ***

Tag
BERITA