Lompat ke isi utama

Berita

Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Kuansing Ikuti Rakor Penyusunan Dana Hibah.

Teluk Kuantan (02/02/2022) - Menjelang pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti rapat koordinasi persiapan penyusunan anggaran dana hibah Pilkada serentak tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan pada hari rabu (02/02/2022) melalui zoom meeting.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Koordinator Divisi SDMO dan Datin serta koordinator sekretariat di 16 Bawaslu Provinsi serta Bawaslu Kabupaten/Kota yang terdapat di 16 Provinsi tersebut.

Bawaslu dan jajaran telah melakukan berbagai persiapan jelang Dalam rangka persiapan penyelenggaraan pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2024 khususnya terkait fasilitasi dukungan pendanaan kegiatan pengawasan tahapan Pilkada Tahun 2024, Bawaslu menilai perlunya persamaan persepsi dalam memahami standar kebutuhan pendanaan kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati serta Wali Kota nantinya.

Koordinator Divisi SDMO Datin Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Nur Afni, S.Sos  menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan pembahasan awal persiapan menghadapi Tahapan Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

“ Untuk anggaran pengawasan Pilkada berbeda sumber dananya dengan pendanaan Pemilu yang menggunakan anggaran APBN, untuk Pilkada menggunakan anggaran APBD perlu persiapan dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah karena Tahapan Pilkada berlangsung selama 12 bulan tahapan akan di mulai tahun 2023 akhir.” Ujar Afni.

Kemudian Beliau menambahkan bahwa dari penggunaan anggaran Pilkada sebelumnya perlu ada beberapa evaluasi “ kita perlu melakukan beberapa evaluasi kegiatan dan program didalam penyusunan Rencana Anggran dan Biaya oleh karena itu harus sinkron dalam semua tingkatan agar tidak terjadi pengembalian karena tidak sesuai dengan aturan yang diatur dalam Standar Biasa Masukan yang telah ada ” imbuhnya. ***

Tag
BERITA