Lompat ke isi utama

Berita

Menakar Efektifitas Proses Penyelesaian Sengketa Pemilihan di Tengah Wabah Covid - 19

Teluk Kuantan (04/06/2020) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) gelar “ Silaturahmi Nasional Menakar Efektifitas Proses Penyelesaian Sengketa Pemilihan di Tengah Wabah Covid – 19 ”. kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 4 Juni 2020 melalui aplikasi zoom meeting.

Dalam acara ini menghadirkan 2 narasumber diantaranya Rahmat Bagja SH., LL. M (Koordinator Divisi Penyelesaian sengketa Bawaslu RI) dan DR Suparji SH., MH (Ketua Program Studi Pescasarjana Ilmu Hukum Univ. Al Azhar Indonesia), sedangkan moderator dalam kegiatan ini dimoderatori oleh Yulianto (Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jawa barat).

Kegiatan ini diikuti oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten / Kota se – Indonesia membahas mengenai mekanisme penyelesaian sengketa  pada Bawaslu yang tentunya menjadi kunci penyelesaian sengketa proses pada pemilihan Kepala Daerah 2020 dimasa pandemi Covid – 19.

Dalam situasi penyebaran wabah Covid – 19 ini, dimana Pilkada serentak tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 maka Bawaslu perlu melakukan penyesuaian prodak hukum terhadap penyelesaian sengketa untuk efektifitas kerja – kerja Bawaslu ditengah pandemi ini. dalam hal teknis penyelesaian sengketa di tengah wabah covid 19, dalam hal penyelesaian sengketa Bawaslu tentunya berupaya melakukan secara online dengan memperhatikan kondisi jaringan dan perangkat yang digunakan.

Divisi penyelesaian Sengketa Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan dalam arahannya bahwa Forum ini merupakan forum silaturahmi untuk kita semua dan menyampaikan gagasan kita terkait penyelesaian sengketa pemilihan.

”Ditengah pandemic ini bagaimana kita melakukan penyelesaian sengketa apakah bisa melakukan persidangan melalui pembuktian apakah bisa melalui video conferen, tapi ini yang akan kami bahas selanjutnya. penggunaan system informasih SIPS untuk memberi rasa keadilan kepada para pihak dan ini pentingnya peranan staf yang harus selalu memantau SIPS dan memberi inovasi SIPS,” Jelas Rahmat Bagja Pimpinan Bawaslu RI

Kegiatan forum Silaturahmi Nasional Menakar Efektifitas Proses Penyelesaian Sengketa Pemilihan di Tengah Wabah Covid – 19 tersebut, dari Bawaslu Kuansing diikuti oleh Koordinator Pengawasan Humas dan Hubal Teddy Niswansyah, S.I.Kom dan Kordiv SDM Organisasi Bawaslu Kuansing Nur Afni, S.Sos.***

Tag
BERITA