Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Kuansing Himbau Agar Parpol Menahan Diri dalam Pemasangan APK

Teluk Kuantan (22/09/2023) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi menggelar rapat koordinasi dan konsolidasi cipta kondisi pra tahapan kampanye dan penanganan sengketa proses pencalonan presiden dan wakil presiden serta anggota DPR, DPD dan DPRD pada pemilihan umum tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari kamis (21/09/2023) bertempat di balai diklat (Kab. Kuantan Singingi).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kuantan Singingi, Perwakilan dari Kejaksanaan Negeri Kuantan Singingi, Perwakilan dari Polres Kuantan Singingi, Kepala Badan Kesbangpol Kuantan Singingi, perwakilan dari Sat Pol PP Kuantan Singingi, Komisioner KPU Kuantan Singingi, Perwakilan dari Partai Politik serta Panwaslu Kecamatan.

Dalam sambutanya ketua Bawaslu Kuantan Singingi Mardius Adi Saputra, S.H., M.H menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan presepsi antara peserta Pemilu dengan penyelenggara pemilu serta Pemda Kuantan Singingi terkait dengan banyak Alat Peraga Sosialisasi yang terpasang disepanjang jalan di Kota Teluk Kuantan.

“kami menghimbau kepada partai politik untuk bersama – sama mengingatkan masing – masing Bacalegnya untuk tidak memasang APK ataupun APS dengan nemapilkan citra diri seperti logo partai, nomor urut partai ataupun ajakan memilih bacaleg tertentu ” jelasnya.

Ketua Bawaslu Kuantan Singingi menambahkan bahwa untuk tahapan saat ini masih proses dari Daftar Calon Sementara (DCS) menuju Daftar Calon Tetap (DCT) yang akan diumumkan oleh KPU pada tangal 4 November 2023 mendatang.

“ perlu diingat bahwa apabila nantinya APS yang masih mencantumkan citra diri masih terpasang sampai dengan pengumuman DCT pada tanggal 4 November 2024 maka ini menjadi potensi pelanggaran pidana kampanye diluar jadwal ” tegasnya.

Narasumber dalam kegiatan tersebut juga diisi oleh Anggota KPU Kuantan Singingi, Kejari Kuatan Singingi, Kaban Kesbangpol Kuantan Singingi, dan Sat Pol PP Kuantan Singingi. ***

Tag
BERITA