Lompat ke isi utama

Berita

Jadi Pembicara Dalam Webinar, Nur Afni : Perlu Persiapan yang Matang Dalam Perekrutan Pengawas Adhoc Pemilu 2024

Teluk Kuantan (30/03/2022) – Anggota Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Nur Afni, S.Sos menjadi narasumber dalam kegiatan webinar dengan tema SDM & Kode Etik Penyelengara Pemilu. Kegiatan yang ditaja oleh Jaringan Pengawas Partisipatif Provinsi Riau (JP3R) bersama Bawaslu Provinsi Riau ini dilaksanakan pada hari rabu (30/03/2022) melalui zoom meeting.

Narasumber dalam kegiatan tersebut diisi oleh Nur Afni, S.Sos Koordinator Divisi SDM & Data Informasi Bawaslu Kuantan Singingi, Dr. H. Alfitra Salamm, APU Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan H. Amiruddin Sijaya, S.Pd., MM Anggota Bawaslu Provinsi Riau. peserta dalam webinar kali ini terdiri dari penyelenggara Pemilu, Mahasiswa serta masyarakat umum.

Nur Afni yang menjadi pembiraca pertama dalam webinar tersebut menyampaikan materi terkait dengan peluang dan tantangan rekrutmen Pengawas Adhoc 2024. Merujuk dari pengalaman perekrutan pengawas Adhoc Pemilu 2019, afni menyampaikan ada 4 poin yaitu terkait dengan waktu perekrutan, kondisi kesehatan pengawas adhoc, penggunaan alat kerja serta pelanggaran kode etik yang dilakukan penyelenggara Pemilu.

“selain waktu perekrutan yang panjang, kita juga harus lebih memperhatikan kondisi Pengawas Adhoc saat bekerja dilapangan. Banyak penyelenggara Adhoc kita yang mengalami sakit, kecelakaan hingga meninggal dunia pada saat melaksanaak tugasnya, ini menjadi perhatian kita bersama ” jelas Afni dalam webinar tersebut.

Selanjutnya Afni menambahkan pada saat penyelenggaran Pilkada 2020, penyelenggara pemilu dihadapkan dengan pandemi covid – 19 yang menyebar secara cepat “ sama – sama kita ketahui pada pilkada 2020 kita dilanda penyebaran covid – 19, banyak penyeleggara yang terpapar covid – 19 sehingga banyak  regulasi – reglulasi yang disesuaikan ” imbuhnya.

Terkait dengan tantangan kedepannya, Kordiv SDM Bawaslu Kuansing menyampaikan bahwa perlunya melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan membangun kerjasama dengan skateholder “ tantangan kedepanya kita harus meyakinkan masyarakat mengenai penjamin kesehatan yang telah ditanggung oleh negara pada saat bertugas, meyakinkan masyarakat untuk bersama – sama dalam mensukseskan Pemilu serta membangun pola komunikasi yang sinergi dengan berbagai pihak ” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari masing – masing narasumber serta diisi dengan tanya jawab dan diskusi antara narasumber dan peserta webinar  ***  

Tag
BERITA