Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Resmi Buka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif 2020

Teluk Kuantan (04/05/2020) –  Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) resmi membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) daring Tahun 2020. Acara pembukaan SKPP untuk wilayah Riau  disiarkan langsung di media sosial Bawaslu Provinsi Riau pada hari Senin tanggal 4 Mei 2020 Pukul 11.00 Wib.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, S. Th.I., M. Si Divisi Pengawasan & Sosialisasi melalui audio visual. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu inovasi dari Bawaslu untuk lebih menekankan antara Bawaslu dengan sahabat sekalian yang berminat menjadi pengawas kader partisipatif, sebgaimana yang kita ketahui bahwa Bawaslu mempunyai kewenangan dalam melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan dalam konteks ini SKPP merupakan upaya yang dilakukan Bawaslu untuk mengajak dan melibatkan masyarakat dalam pengawasan partisifatif ini.

Acara ini diikuti oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Riau, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau serta peserta Sekolah Kader Pengawas Partisipatif se Provinsi Riau.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Riau Neil Antariksa SH., MH menjelaskan bahwa “ tujuan dari dibukanya SKPP daring ini adalah yang pertama untuk menggugah partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap proses Pemilu dan Pilkada yang kami sebut dengan pengawas partisipatif berbasis masyarakat, peranan masyarakat sangat penting dalam membantu Bawaslu melakukan pengawasan dengan membuka SKPP daring ini “. Jelas Neil Kordiv Pengawasan  Bawaslu Provinsi Riau

SKPP ini dibentuk sebagai sarana pendidikan Pemilu dan Pilkada bagi masyarakat, sebagai pengawas Pemilu Bawaslu mempunyai kewajiban untuk mendidik masyarakat dalam memahami secara utuh makna dari Pemilu dan Pilkada tersebut. Selanjutnya tujuan dari dibentuknua SKPP daring ini sebagai pembentukan pusat pendidikan pengawas Pemilu dan Pilkada secara berkesinambungan.

Bawaslu RI telah mengumumkan peserta SKPP seluruh Indonesia yang berjumlah 20.055 peserta. Untuk Provinsi Riau yang lulus sebanyak 690 peserta SKPP. Sedangkan untuk Kabupaten Kuantan Singingi terdapat 31 Peserta SKPP yang telah memenuhi syarat (lulus), terdiri dari 23 Laki-laki dan 8 perempuan.

Selanjutnya Koordinator Divisi Pengawasan, Humas & Hubal Teddy Niswansyah, S.I.Kom menyampaikan "semoga peserta SKPP daring asal Kuantan Singingi dapat mengikuti seluruh tahapan SKPP sehingga pada akhirnya mampu menjadi pengawas partisipatif yg berperan sebagai partner dalam pengawasan Pilkada di Kuantan Singingi". Ujar Teddy ***

Tag
BERITA