Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuantan Singingi Ikuti Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Periode 2023 - 2028

Teluk Kuantan (29/08/2023) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti Pelatihan Penguatan Kompetensi Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028. Kegiatan yang ditaja Pusat Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tersebut dilaksanakan untuk batch 1 pada hari Rabu s.d Minggu, 23 s.d 27 Agustus 2023 bertempat di Pusat Pengembangan SDM (PPSDM) BNN, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Peserta dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh 7 Provinsi terdiri dari 100 Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota yang membidangi Divisi Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat dan Divisi Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan.

Pelatihan ini menjadi bentuk kerja sama yang dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) bersama sejumlah Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah diantaranya dengan Bawaslu pada tahun 2020.

Anggota Bawaslu Kuantan Singingi Nur Afni, S.Sos yang mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan peningkatan kapasitas dan penguatan kompetensi dasar dan kompetensi teknis jajaran pengawas pemilu dan untuk menunjang kinerja organisasi. " Kegiatan sangat bermanfaat karena materi diklat yang dipelajari merupakan hal pokok yang harus dikuasai dan diimplementasikan dalam mendukung tugas pencegahan, pengawasan dan penindakan pemilu. Ada beberapa kompetensi yg didapatkan dalam kegiatan ini diantaranya kompetensi dasar berupa pengetahuan dasar dalam pengelolaan tugas dan kewajiban sebagai pengawas pemilu.  Kompetensi teknis yakni tugas yang berkaitan dengan kerja pengawasan, pencegahan dan penindakan berupa teknis-teknisnya. Selanjutnya kompetensi khusus misalnya dalam mediasi. " ujarnya.

Ada beberapa sub materi kegiatan terdapat dalam kegiatan diklat diantaranya berkaitan dengan chatacter building, advokasi hukum, etika penyelenggara, komunikasi massa, tata kerja pola hubungan, teknis pencegahan, teknik pengambilan keputusan, mekanisme pembinaan pengawas pemilu, akuntabilitas kinerja pengawasan pemilu, strategi dan mekanisme penanganan pelanggaran, pengawasan, strategi dan mekanisme penyelesaian sengketa hingga simulasi proses mediasi dan adjudikasi. Kegiatan tersebut juga ada penilaian dan sertifikat yang akan diberikan dari puslitbang diklat Bawaslu RI. Kegiatan diklat batch 1 ditutup oleh pimpinan Bawaslu RI Bpk. Toto Haryono pada hari minggu tanggal 27 agustus 2023 pukul 12.00 WIB.***

Tag
BERITA