Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Mengikuti Diskusi Persiapan Pengawasan Dalam Menghadapi Pemilu dan Pemilihan 2024

Teluk Kuantan (02/03/2022) - Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi terus berupaya untuk melakukan persiapan-persiapan untuk menyongsong Pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pemilihan serentak pada Tahun 2024 mendatang. Senada itu Bawaslu Riau menaja Zoom Metting pada Rabu (02/03/2022).

Kegiatan diskusi ini bertemakan “ Menakar Dimensi Hukum Kepemiluan dalam Pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024”, edisi pertama kali ini dengan judul “ Persiapan Pengawasan dalam menghadapi Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024”.

Kegiatan dilakukan secara Daring (dalam jaringan) tersebut dibuka secara langsung oleh  Kordiv Hukum Humas Datin Bawaslu Provinsi Riau Amiruddin Sijaya dan dipandu oleh Kabag Hukum Donna Donora serta seluruh Pimpinan Bawaslu Kabupaten/kota Se- Provinsi Riau.

Dalam Pembukaannya Bapak Amirudin Sijaya menyampaikan, agar kegiatan Diskusi ini dapat diikuti oleh Seluruh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/kota se Provinsi Riau, tentunya dengan harapan agar semua Bawaslu Kabupaten/kota dapat melakukan Kreatifitas dan beriovasi serta dapat berkontribusi dalam memberikan pandangan dan saran terhadap isu-isu penting dalam pelaksanaan Tugas pokok dan Fungsi Bawaslu berserta jajaran sebagai langkah awal untuk menghadapi masuknya tahapan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

Selanjutnya, Mardius Adi Saputra, S.H selaku Kordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi memberikan Apresiasi terhadap diskusi tersebut "kegiatan Diskusi ini akan dilakukan dalam beberapa edisi yang tentunya dengan tema yang berbeda-beda pula pada setiap edisinya, dimana pelaksanaannya secara teknis sudah dijadwalkan oleh Bawaslu Provinsi Riau dari bulan Maret sampai dengan April 2022 mendatang, kegiatan ini sangat penting mengingat pada Tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu dan Pemilihan serentak, tentunya banyak regulasi dalam peraturan perundang-undangan  yang pada pelaksanaan di Pemilu dan Pemilihan sebelumnya tidak berjalan maksimal, perlu ditata dan dikoreksi bersama, hal-hal tersebut akan kita bahas secara intents dalam diskusi tersebut bersama Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau dan Bawaslu Kabupaten/Kota lainnya" Tuturnya.

Kemudian, Teddy Niswansyah, S.I.kom, Kordiv Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Kuansing mengutarakan tiga poin penting dalam menghadapi Pemilu dan Pemilihan 2024 " ada tiga aspek yang subtansial yakni pertama, penyusunan anggaran yang mengakomodir kegiatan-kegiatan pengawasan langsung, kedua adalah terkait kerawanan Pemilu dan Pemilihan, seperti hak pilih terutama penyandang disabilitas, isu SARA dan wilayah perbatasan dan ketiga yakni situasi tidak normal seperti penerapan prokes covid 19 dan design pengawasanya, bebernya.

Selanjutnya, Nur Afni, S.Sos, selaku Kordiv SDMO dan Datin Bawaslu Kuansing menuturkan "bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat  dalam menyongsong pemilu dan pemilihan 2024 mengingat tahapan belum masuk maka perlu diperkuat pemahaman, serta persamaan persepsi terhadap regulasi melalui kegiatan diskusi tersebut, Ujarnya.

Kegiatan diisi oleh dua orang pemantik diskusi dari Bawaslu Siak, Sriyanto dan Bawaslu Kampar, Edward. Selanjutnya diskusi diwarnai dengan tanya jawab dan kesimpulan dari Kabag Hukum Bawaslu Riau. ***

Penulis : Lizawati (stj).

Tag
BERITA