Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Ikuti Rapat Koordinasi Daring Persiapan SDM Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota Dalam Penyelenggaraan Pilkada 2020 Ditengah Pandemi Covid – 19

Teluk Kuantan (05/06/2020) – Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti rapat koordinasi secara daring yang digelar Bawaslu Provinsi Riau terkait kesiapan SDM Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten / Kota dalam penyelenggaraan pemilihan lanjutan ditengah pandemi covid – 19. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 5 Juni 2020 pukul 09.00 Wib.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Koordinator Divisi SDM Organisasi Bawaslu Provinsi Riau Hasan, M.Si dan diikuti oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota serta Koordinator Sekretariat se – Provinsi Riau.

Dalam rapat daring tersebut Bawaslu Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada pada 9 Desember 2020 agar melakukan persiapan anggaran dalam penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi pengawas yang akan melaksanakan pengawasan langsung ke lapangan. Terkait dengan dana NPHD agar Bawaslu kabupaten/kota melakukan penyesuaian kembali dikarenakan ada beberapa kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan ditengah pandemi covid – 19.

Selanjunya Bawaslu kabupaten/kota agar melakukan indetifikasi wilayah yang tidak dapat mengakses internet, hal ini dilakukan karena kedepannya akan banyak kegiatan – kegiatan yang akan dilaksanakan secara daring yang membutuhkan konektifitas jaringan yang memadai.

Koordinator Divisi SDM Organisasi Bawaslu Riau Hasan menyampaikan “ Terkait dengan pengaktifan kembali pengawas adhoc masih mengunggu arahan dari Bawaslu RI, jika tahapan Pilkada dimulai pada tanggal 15 Juni maka pengawas adhoc kita akan kembali diaktifkan pada tanggal 14 Juni 2020. ” jelas Hasan dalam rakor daring tersrbut.

Mengenai lanjutan tahapan dan Jadwal pelaksaan Pilkada serentak 2020, Bawaslu masih mengunggu keluarnya PKPU mengenai proses pemilihan ditengah pandemi Covid – 19. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi  dalam pengawasan, Bawaslu akan segera menyesuasikan diri melakukan kinerja – kinerja ditengah kondisi penyebaran pandemi ini.

Kordiv SDM Organisasi Bawaslu Kuansing Nur Afni, S.Sos setelah mengikuti rapat daring tersebut menyempaikan “ Dalam menyongsong kelanjutan tahapan dan jadwal pengawasan pilkada serentak 2020 ada beberapa hal yang harus dipersiapkan selain Sumber Daya Manusia juga dukungan anggaran yang harus disesuaikan lagi dengan tahapan. Masa kerja pengawas ad hoc nanti akan bertambah tentu dari segi anggaran dan fasilitas kantor termasuk jajaran pendukung disekretariat akan dilakukan perubahan. Pejabat ad hoc yg sebelumnya sudah dilanti tentu harus mempersiapkan diri mental maupun fisik untuk kembali aktif bekerja sesuai dengan protokol kesehatan yang tentu akan berbeda dengan kondisi sebelumnya.” Jelas Afni.

Selanjutnya Kordiv Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Kuansing Teddy Niswansyah, S.I.Kom dalam forum tersebut menyampaikan “ kita berharap agar sekretariat Bawaslu dapat menganggarkan terkait dana untuk penyedian kuota internet ke pada pengawas adhoc, dimana akan banyak kegiatan – kegiatan yang akan dilaksanakan secara daring. Mengenai maraknya baliho atau spanduk yang telah dipasang oleh bakal calon dalam masa pandemi covid – 19 perlu adanya langkah – langkah yang akan diambil oleh Bawaslu kabupaten/Kota.” Jelas Teddy ***

Tag
BERITA