Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Ikuti Diskusi Daring Bertema “ Informasi Tahapan Lanjutan Pemilihan Serentak Tahun 2020”

Teluk Kuantan (23/06/2020) – Koordinator Divisi SDM Organisasi Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi menjadi narasumber dalam salah satu kegiatan yang bertema “Informasi Tahapan Lanjutan Pemilihan Serentak Tahun 2020 dan Juga dari Segi Pengawasan ” yang diselenggarakan oleh Infokuansing. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu tanggal 21 Juni 2020 Pukul 20.00 Wib melalui live instagram.

Dalam sambutanya Nur Afni menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu  bentuk sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan informasi mengenai lanjutan tahapan Pilkada 2020 “pertama saya mengucapkan terima kasih telah dapat berpartisipasi dalam kegiatan malam ini, kegiatan ini merupakan salah satu sosialisasi dalam menyampaikan informasi terkait lanjutan pilkada 2020 karena diluar sana masih banyak masyarakat yang belum tau tentang penyelenggaraan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020” ujar Afni.

Selanjutnya afni menjelaskan tekait penyelenggaran Pilkada 2020 yang awal akan dilaksanakan pada tanggal 23 September dikarenakan adanya wabah pandemi Covid – 19 penyelenggaraan Pilkada akhirnya ditunda pelaksanaannya ke tanggal 9 Desember 2020. “ketika tahapan pilkada ini ditunda berdampak terhadap Bawaslu dan KPU, yaitu anggaran yang ada di Bawaslu bersumber dari APBN dikembalikan sebanyak 40 persen kepada Negara untuk penanggulangan Covid – 19 sehingga ada beberapa kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan ” jelas afni.

Kemudian penundaan Pilkada ini juga berdampak ke pada jajaran pengawas Kecamatan dan Desa, dimana Bawaslu melakukan penonaktifan pengawas adhoc “kita menonaktifkan Panwaslu Kecamatan di 15 Kecamatan sebanyak 45 Orang sedangkan untuk Panawaslu Kelurahan Desa sebanyak 299 Orang, sebelum melakukan penonaktifan kami menyampaikan kepada seluruh jajaran pengawas adhoc untuk selalu menjaga integritas walaupun sedang dinonaktifkan ” kata afni.

Selama dua bulan penonaktifan Panawaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan Desa, Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi tetap bekerja dan melaksanakan tugas dengan metode work from home, dalam mengisi kegiatan selama masa pandemi Covid – 19  Bawaslu membuka sekolah kader pengawas partisipatif (SKPP). Kegiatan SKPP daring ini sedang berjalan dan terdapat sebanyak 31 peserta dari Kabupaten Kuantan Singingi.

Saat ini Bawaslu telah mengaktifkan kembali Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa sesuai dengan surat eradaran yang dikeluarkan Bawaslu pada tanggal 12 Juni kemarin. “Kita Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi telah mengaktifkan kembali jajaran pengawas adhoc kita sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI, dimana pengaktifan pengawas adhoc diaktifkan sebelum dimulainya tahapan pada tanggal 15 Juni kemarin ” ungkap Kordiv SDM Bawaslu Kuansing.

Bawaslu Kuantan Singingi sebagai pengawas penyelenggara Pemilu berharap dukungan dari masyarakat Kuantan Singingi untuk bersama – sama ikut mengawasi jalannya penyelenggaraan Pilkada 2020 di Kuantan Singingi “kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi agar berperan aktif untuk mengikuti dan mengawasi  proses penyelenggaraan Pilkada serentak tahun  2020 ” harap afni.***

Tag
BERITA