Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Gelar Webinar Bertema “Pengawasan Coklit Pilkada 2020”

Teluk Kuantan (14/07/2020) – Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi menggelar webinar dengan tema “Pengawasan Coklit Pilkada 2020” dimana kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 14 Juli 2020 melalui zoom meeting. Kegiatan ini pimpin langsung oleh pimpinan Bawaslu Kuantan Singingi dan diikuti oleh Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa se Kuantan Singingi.

Ketua Bawaslu Kuantan Singingi Mardius Adi Saputra dalam sambutannya pada webinar tersebut mengucapkan terima kasih atas partisipasi rekan – rekan pengawas dalam mengikuti rapid test  yang telah dilaksanakan kemaren senin (13/07/2020). “ pertama – tama saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh sahabat pengawas sekalian yang telah berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan rapid test dibawaslu Kuansing ” ujar Adi.

Selanjutnya Adi menyampaikan bahwa dari hasil rapid test yang telah dilaksanakan tidak ada yang terpapar covid – 19 “alhamdulillah dari 289 petugas pengawas yang mengikuti rapid test kemaren, tidak ada satupun pengawas yang terpapar covid – 19, yang artinya secara protokol kesehatan kita telah siap melaksanakan pengawasan coklit pada pemilihan kepada daerah di Kuansing ” jelas Ketua Bawaslu Kuansing.

Kemudian Koordinator Divisi SDM Organisasi Bawaslu Kuansing Nur Afni dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa untuk Alat Pelindung Diri (APD) hari ini Bawaslu Kuansing akan menyalurkan kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan Desa. “alhamdulillah untuk APD pada hari ini akan disalurkan kepada Panwaslu Kecamatan dan nantinya panwascam yang akan menyalurkan ke PKD masing – masing, dimana pengawasan didalam masa pendemi kita harus mengutamakan protokol kesehatan (Covid - 19) ” jelas afni.

Mengenai pengawasan coklit Afni menyampaikan bahwa “pada intinya terhadap pengwasan coklit nantinya, kita bertugas memastikan bahwa petugas PPDP melakukan coklit dari rumah ke rumah dengan menggunakan APD dan memastikan bahwa PPDP nantinya memperbarui data pemilih yang memang tidak sesuai lagi dengan keadaan yang dijumpai dilapangan.” Ungkapnya.

Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Kuansing Teddy Niswansyah yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan mengenai mekanisme pengawasan coklit dan point – point penting saat melaksanakan pengawasan dilapangan. “ teman – teman yang bertugas melakukan pengawas dilapangan nantinya harus cermat dalam melakukan pengawasan dan mengisi catatan manual pengawasn coklit bila terjadi baik itu perubahan, penambahan, pengurangan atau permasalahan pada data pemilih “ ujar Teddy.

Untuk pengisian alat kerja Teddy mengintruksikan agar Panwaslu Kecamatan  menyampaikan dan menjelaskan pada seluruh PKD di masing – masing kecamatan “ ini penting sekali disampaikan oleh Panwaslu Kecamatan ke PKD nantinya, dan kita juga harus pahami bahwa alat kerja catatan pengawasan coklit ini bukan diisi untuk seluruh pemilih melainkan jika ada data pemilih tersebut bermasalah ” ungkap Teddy.

Bawaslu Kuansing akan melaksakan pengawasan tahapan coklit mulai hari rabu tanggal 15 s.d 13 Agustus 2020. Pada saat melakukan pengawasan dilapangan nantinya agar seluruh petugas pengawas untuk selaluh mengikuti protokol covid – 19 untuk menjaga kenyamanan dan keamanan masyarakat.***

Tag
BERITA