Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Pemilih Pemula

Teluk Kuantan (24/10/2022) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pemilih umum 2024 bagi pemilih pemula dikabupaten kuantan singingi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari kamis (20/10/2022) bertempat di metting room RM. Sederhana, Teluk Kuantan.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Nur Afni, S.Sos dan dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Riau Bapak Nanang Wartono, SH., MH dan Pimpinan Bawaslu Kuantan Singingi. Peserta dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh pelajar SMA dan SMK sederajat se – Kecamatan Kuantan Tengah, perwakilan dari BEM Uniks, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Himpunan Mahasiswa Islam, Relawan Pilkada Jujur dan Jaringan Pengawas Partisipatif Provinsi Riau.

Narasumber dalam kegiatan ini diisi oleh Nanang Wartono, SH., MH Anggota Bawaslu Riau, Mardius Adi Saputra, SH., MH. Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran & Penyelesaisan Sengketa Bawaslu Kuansing dan Teddy Niswansyah, S.I.Kom Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas & Humas Bawaslu Kuansing.

Dalam sambutannya ketua Bawaslu Kuansing Nur Afni menyampaikan apresiasi kepada semua perserta yang telah hadir dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu 2024 bagi pemilih pemula di Kabupaten Kuantan Singingi. “saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada sahabat semua yang dapat hadir dalam kegiatan sosialisasi yang ditaja Bawaslu Kuansing kepada pemilih pemula di Kabuapten Kuantan Singingi ” ucapnya.

Selanjutnya Kordiv SDM Bawaslu Kuansing menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya dari Bawaslu untuk mengajak seluruh masyatakat terkhususnya pemuda pemudi di Kabupaten Kuantan Singingi untuk bersama – sama mengawasi seluruh proses tahapan pemilu 2024.

Nanang Wartono anggota Bawaslu Riau yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan pengawasan partisipatif dibentuk dalam rangka mengajak seluruh masyarakat untui berpartisipatif dalam mengawasi setiap tahapan pemilu yang sedang berjalan “kami ingin sahabat semua agar lebih peduli lagi dalam bersama sama mengawasi proses penyelenggaraan pemilu. Bawaslu saja tidak cukup untuk mengawasi seluruhnya, perlu dukungan dari sahabat semua ” ujarnya.

Terkait dengan pelanggaran yang ditemui oleh masyarakat Nanang menyampaikan agar langsung melaporkan ke Bawaslu “ jangan takut untuk melaporkan pelanggaran yang sahabat temui saat penyelenggaraan pemilu, mari laporkan apabila terdapat sebuah dugaan pelanggaran ke Bawaslu bukan ke media sosial ” jelasnya.

Nanang berharap setelah kegiatan ini, agar masyarakat terkhususnya pemuda di Kuansing agar lebih peduli dalam mengawal demokrasi “ saya berharap sahabat semua lebih peduli lagi dalam mengawas demokrasi di negeri ini tidak hanya peserta pemilu, kami sebagai penyelenggara juga perlu sahabat awasi ” harapnya.

Selanjutnya Teddy Niswansyah dalam materinya menguraikan dasar hukum dan tujuan dari pengawasan partisipatif. "Pemilu 2024 tidak akan berhasil tanpa keterlibatan masyarakat terutama pemilih pemula" tuturnya. Teddy menambahkan bahwa demokrasi bukan saja soal hak untuk memilih namun juga keterlibatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses yang luber dan jurdil" ujarnya.

Selanjutnya Teddy Niswansyah menjelaskan mekanisme untuk menjadi pemantau pemilu 2024 yang akan di akreditasi oleh Bawaslu Kuansing. Lalu, kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab yang diikuti antusias oleh peserta. ***

Tag
BERITA