Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Gelar Fasilitasi Pengawasan Kepemiluan Kepada Penyandang Disabilitas

Teluk Kuantan (24/03/2022) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi menggelar kegiatan Fasilitasi Pengawasan Kepemiluan Kepada Penyandang Disabilitas. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari rabu (23/03/2022) bertempat di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Kuantan Singingi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi, Anggota Bawaslu Provinsi Riau Amiruddin Sijaya. Narasumber dalam kegiatan ini diisi oleh Anggota KPU Kabupaten Kuantan Singingi Wigati Iswandiari dan Ketua Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA) Disabilitas Provinsi Riau Syuflayman. Peserta dalam kegiatan kali ini diikuti oleh teman - teman penyandang disabilitas dan siswa/i SLBN sebagai pemilih pemulah.

Koordinator Divisi Pengawasan Humas & Hubal Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada SLBN Kuantan Singingi yang telah memberikan fasilitasi ruangan untuk kegiatan ini “ Kami bersyukur kepada SLBN yang telah bekerja sama dengan Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi, kemudian kami mengucapkan terimakasih kepada pertama komunitasi dari disabilitas dan relawan penyandang disabilitas. Selanjutnya kepada atlit paralimpic yang juga berkesempatan hadir dalam kegiatan ini serta adik – adik dari SLBN Kuantan Sinigngi ” ungkapnya.

Kemudian Teddy menambahkan bahwa kegiatan Fasilitasi Pengawasan Kepemiluan kepada penyandang disabilitas ini bertujuan untuk kita memberikan fasilitas dan hak kepada seluruh pemilih dikabupaten kuantan singingi “ teman – teman dari penyandang disabilitas memiliki hak pilih seperti teman teman yang lainnya sepanjang memenuhi syarat. Selama ini kami dilapangan juga menemukan persoalan – persoalan terkait sahabat disabilitas dimana tidak memiliki akses untuk memiliki KTP elektronik, ini menjadi misi bagi Bawaslu Kuansing kedepan untuk program jangka panjang untuk memprioritaskan sahabat disabilitas yang tidak memiliki E-KTP ” jelas Kordiv PHL Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi.

Dengan adanya E-KTP sahabat penyandang disabilitas dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 mendatang “ dengan memiliki E-KTP, teman – teman disabilitas mendapatkan hak pilih dan bantuan sosial. Dalam kegiatan ini kita menghadirkan dua narasumber untuk menambah pengetahuan sahabat dalam kepemiluan  ” imbuhnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Riau Amiruddin Sijaya yang membuka secara langsung kegiatan tersebut menyampaikan bahwa “ sama – sama kita ketahui ketika penyelenggaraan pemilihan kepala daerah sahabat penyandang disabilitas kadang terkendala dalam berbagai hal untuk menggunakan hak pilihnya. Perlu ditibulkan semangat dan kepercayaan diri dari teman – teman untuk menggunakan haknya, memang ini bukan pekerjaan yang mudah ini adalah tugas kita bersama dalam merangkul teman – teman penyandang disabilitas dikabupaten kuantan singingi ” ujar kordiv Hukum, Humas & Datin Bawaslu Riau.

Nur Afni, S.Sos Koordinator Divisi SDM & Datin Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi yang ikut serta hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan “ kegiatan ini adalah sesuatu yang baik untuk kita dalam mendalami ilmu kepemiluan, Bawalsu tidak bisa bekerja sendiri, Bawaslu merangkul seluruh unsur masyarakat dan teman - teman penyandang disabilitas. Kami mempunyai misi untuk menyebarkan dan mensosialisasikan pengetahuan kepemiluan kepada seluruh masyarakat. Kegiatan ini adalah kali pertama Bawaslu Kuansing dalam mensosialisasikan pemahaman kepemiluan kepada teman – teman penyandang disabilitas ” ungkapnya

Afni menambahkan “ Terakhir kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan waktu yang telah teman - teman luangkan. Kami membuka kesempatan kepada teman - teman untuk berdiskusi secara langsung ke kantor Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi ” tutupnya

Kegiatan ini diisi dengan penyampaian materi oleh Anggota KPU Kabupaten Kuantan Singingi dan Ketua Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA) Disabilitas Provinsi Riau, Peserta diajak untuk berdiskusi terkait kendala – kendala yang dihadapi dalam Pemilu dan Pilkada. Kegiatan berakhir pukul 15.00 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. ***

Tag
BERITA