Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Bersama KPU Kuansing Gelar Rapat Koordinasi Penyelenggara Pemilu se Kabupaten Kuantan Singingi

Teluk Kuantan (21/07/2020) – Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi bersama KPU Kabupaten Kuantan Singingi menggelar Rapat Koordinasi Penyelenggara Pemilu se Kabupaten Kuantan Singingi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 21 Juli 2020 melalui zoom meeting. Rakor daring ini diikuti oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kuantan Singingi, Ketua dan Komisioner KPU Kuantan Singingi, PPK Kecamatan, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa serta PPS se Kuansing.

Dalam sambutannnya Ketua Bawaslu Kuantan Singingi Mardius Adi Saputra menyampaikan bahwa “ kegiatan ini memang sudah lama kita rencanankan, namun karena kesibukan dan kegiatan kita yang padat, sehingga baru  hari ini kita dapat laksanakannya. Ini penting kita laksanakan untuk menyatukan presepsi dan pemahaman kita dalam penyelelenggara, bila terjadinya kendala kita dapat menyelesaikan secara bersama” ujar Adi.

Kemudian Adi menambahkan terkait dengan tahapan yang sedang berjalan agar penyelenggara selalu berkoordinasi “ seperti hari ini PPK bersama Panwascam dalam tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih yang sedang berlangsung, kita sesama penyelenggara hendaknya harus saling berkolaborasi dengan tidak mendahulukan ego masing – masing ” jelas Ketua Bawaslu Kuansing.

Berikutnya Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan daring tersebut “pertama kami mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Kuansing yang telah memfasilitasi diskusi daring kita hari ini, kita harapkan pertemuan keluarga besar penyelenggara pemilu ini dapat terus terjalin sehingga kita saling memahami tugas masing – masing ” ucap Irwan.

Selanjutnya Irwan menambahkan “Pada saat ini adalah tahapan coklit tentu banyak ditemui hal - hal dilapangan seperti kendala dan permasalahan, disini kita perlu melakukan diskusi bersama dan butuh peran dan kerja sama kita dalam menyukseskan pesta demokrasi ini ” ujarnya.

Koordinator Divisi SDM Organisasi Bawaslu Kuansing Nur Afni selaku moderator dalam kegiatan diskusi tersebut  menyampaikan “ dalam hal mengelola Pilkada kedepan yang tergantung kepada kita selaku penyelenggara pemilu yaitu KPU dan Bawaslu jajaran, walaupun kita bekerja dimasa masa yang sangat sulit ditengah menghadapi pandemi ini. kami dari Bawaslu Kuansing besar harapan ingin langsung duduk bersama berdiskusi dan bertukar fikiran mengenai pemilihan kepala daerah di Kabupaten Kuantan Singingi yang akan dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 ”  ujar Afni dalam diskusi tersebut.

Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Kuansing Teddy Niswansyah, S.I.Kom menanggapi terkait pengawasan tahapan coklit yang sedang berjalan, Teddy menyampaikan bahwa “ untuk tahapan coklit ini,  kita sebagai penyelenggara tidak hanya bertugas memastikan tahapan coklit berjalan dengan baik, tetapi kita juga harus meastikan bahwa tahapan coklit ini harus Berkualitas, Aktual, Muktahir dan Komprehensif ” jelas Kordiv PHL Bawaslu Kuansing.

Selanjutnya Teddy menyampaikan bahwa Bawaslu dan KPU adalah satu keluarga dalam penyelenggaran Pemilu “Kita adalah keluarga besar yang sama sama dibentuk dari undang - undang   No 7 tahun 2017 hanya saja kita berbeda wewenang, fungsi dan tugas. Secara prinsip kita ingin Pilkada 2020 dikuansing berjalan sukses lancar dan damai ” ujar Teddy

Mengenai kegiatan pengawasan dilapangan Teddy  mengintruksikan agar PKD untuk aktif dalam pengawasan dilapangan “PKD juga bukan hakim dilapangan yang menentukan boleh tidak suatu tindakan dilakukan pada saat dilapangan, kita juga mengingatkan agar PPDP tidak risi saat diawasi oleh PKD karena itulah fungsi dan tugas PKD dilapangan. Mudah mudahan kita kedepan dapat berjalan bersama yaitu Bawaslu dan KPU jajaran dalam melaksanakan tugas kita dipelaksaan Pilkada 2020” tutup teddy.

Selanjutnya kegiatan tersebut dilanjutkan dengan diskusi  mengenai kegiatan tahapan coklit dan tanya jawab mengenai kendala dan masalah  yang terdapat dilapangan, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar hingga akhir diskusi.***

Tag
BERITA