Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing Ajak Generasi Muda Kawal Pemilu 2024

Teluk Kuantan (13/10/2023) – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan pada pemilihan 2024. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi melaksanakan kegiatan Bawaslu Kuansing Goes to School Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis (12/10/2023) bertempat di Aula SMA Negeri 1 Teluk Kuantan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi, Wakil Kepala Sekolah SMA N 1 Teluk Kuantan serta Guru SMA N 1 Teluk Kuantan. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa/i kelas XII yang akan pertama kali menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Mardius Adi Saputra, SH., MH. Dalam sambutanya Ketua Bawaslu Kuantan Singingi menyampaikan secara singkat mengenai tugas dan fungsi Bawaslu kepada siswa.

“ Bawaslu berfungsi untuk melakukan pengawasan pada setiap tahapan yang berjalan pada Pemililhan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah. Untuk saat ini Bawaslu lebih mengedepankan upaya – upaya pencagahan, salah satu bentuk pencegahan yaitu dengan melakukan sosialisasi – sosialisasi kepada masyarakat untuk bersama – sama dalam mengawas Pemilu 2024 ” jelasnya

Ketua Bawaslu Kuansing menambahkan bahwa generasi z perlu aktif dan berpartisipasi dalam ngawasi penyelenggaraan Pemilu 2024.

Selanjutnya Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal menyampaikan pentingnya peduli dalam mengawal dan mengawasi proses pemilihan umum 2024 agar dapat menghasilkan pemimpin yang baik. Kemudian Ketua Bawaslu Riau juga mengajak siswa SMAN 1 Teluk Kuantan untuk melakukan pengecekan DPT online.

Narasumber dalam kegiatan ini diisi oleh Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kuantan Singingi Nur Afni S.Sos dan Guru perwakilan dari SMA Negeri 1 Teluk Kuantan. ***

Tag
BERITA