Lompat ke isi utama

Berita

35 Peserta Ikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Tingkat Menengah 2021

Teluk Kuantan (23/10/2021) – Setelah melaksanakan beberapa tahapan, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kuantan Singingi mengutus 4 orang peserta terbaik untuk mengikuti pelaksanaan SKPP (Sekolah Kader Pengawas Partisipatif) Tingkat Menengah yang ditaja Bawaslu Provinsi Riau pada hari senin (18/10/2021) di Aryaduta Hotel, Pekanbaru.

Kegiatan yang berlangsung semala 5 hari tersebut diikuti oleh 35 orang peserta SKPP terbaik dari 7 Kabupaten/Kota se – Riau yang sebelumnya mengikuti SKPP tingkat dasar. SKPP tingkat menengah dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Riau, Anggota KPU Provinsi Riau, Kejaksaan Tinggi Riau, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau, Kepala KPID Riau serta Ketua dan Anggota Bawaslu 7 Kabupaten/Kota Provinsi Riau.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Riau Neil Antariksa, A.Md., SH., MH yang membuka langsung kegiatan tersebut menyampaikan bahwa 35 orang peserta terpilih dan terbaik telah kami seleksi secara ketat di SKPP dasar kemarin. Setelah pelaksaaan SKPP tingkat menengah ini akan ada SKPP tingkat lanjut yang akan dilaksanakan di Jakarta yang mana akan dikirim 5 peserta terbaik dari provinsi Riau.

“karena program ini adalah program prioritas Bawaslu RI. Kegiatan sangat penting dimana kader - kader yang telah ditempa dapat bersama kami untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu serentak 2024 mendatang ” ujar Kordiv Pengawasan Bawaslu Riau.

Kemudian Neil menambahkan, sebagai lembaga yang diberikan mandat untuk mengawasi Pemilu di Provinsi Riau, Bawaslu juga mendapatkan amanat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu di Riau. Partisipasi masyarakat dalam mengawasi Pemilu diharapkan dapat meningkatkan kualitas Demokrasi yang jujur dan adil serta langsung, umum, bebas, dan rahasia di Indonesia.

“Salah satu strategi Bawaslu dalam mengawasi Pemilu yaitu dengan merangkul masyarakat untuk ikut serta terlibat dalam pengawasan Pemilu di Riau, Bawaslu juga mendorong masyarakat untuk melaporkan segala bentuk pelanggaran Pemilu kepada Bawaslu.” Ungkapnya.

Selanjutnya Koordinator Divisi Pengawasan Humas & Hubal Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Teddy Niswansyah, S.I.Kom., C.Me menyebutkan "SKPP tingkat menengah diisi pemateri eksternal dan internal Bawaslu. Materi yang disajikan lebih mendalam. Peserta sangat antusias dan aktif dalam diskusi dan penugasan yg diberikan oleh fasilitator. Ada materi indoor dan juga outdoor, kemudian setiap kelompok menyusun Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) pada akhir sesi kegiatan" imbuhnya.

Selama 5 hari 35 peserta SKPP diberikan pengetahuan seputar pengawasan partisipatif, pembangunan kerakter, konstitusi dan demokrasi, pengawasan pemilu, sistem politik dan pemerintahan, analisa sosial, studi lapangan serta penulisan karya ilmiah. Nantinya 5 peserta terbaik dari SKPP tingkat menengah Provinsi Riau akan diutus ke Jakarta untuk mewakili Riau dalam SKPP tingkat lanjut 2021.***

Tag
BERITA