Lompat ke isi utama

Berita

Jadi Narasumber Pada Forum Group Diskusi Yang Ditaja Polres Kuansing, Ketua Bawaslu Kuansing Tegaskan ASN dan Kepala Desa Harus Jaga Netralitas

Teluk Kuantan (29/07/2020) – Ketua Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi menjadi pembicara dalam kegiatan Forum Group Diskusi (FGD) dengan tema Mewujudkan Pilkada Tahun 2020 yang Sejuk, Aman, Damai dan Kondusif yang digelar oleh Polres Kabupaten Kuantan Singingi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu tanggal 29 Juli 2020 bertempat aula Polres Kuansing.

Dalam forum tersebut diikuti oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Kapolsek dan Forum Kepala Desa se Kabupaten Kuantan Singingi. Sedangkan pemateri dalam kegiatan tersebut diisi oleh Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Kabupaten Kuantan Singingi.

Acara tersebut dibuka oleh Wakapolres Kuantan Singingi, Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa gelaran Pilkada ini adalah agenda 5 tahunan yang wajib dilaksanakan. Selanjutnya beliau menjelaskan Forum Group Diskusi ini dilaksanakan dalam rangka mendiskusikan bagaimana Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Kuantan Singingi berjalan dengan sejuk, aman, damai dan kondusif.

“Ini merupakan tanggung jawab kita semua, pilar - pilar yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi harus bergandengan tangan dan bersinergi untuk memegang teguh netralitas dan keamanan Pilkada ini ” jelas Wakapolres Kuansing.

Kemudian beliau menambahkan “Kita yakin dan percaya semuanya berjalan dengan baik, Kami berharap semoga dengan acara ini dapat menambah wawasan dan ilmu kita, lalu dapat membagikan kepada masyarakat sehingga Pilkada 2020 berjalan dengan lancar ” jelasnya.

Selanjutnya Ketua Bawaslu Kuantan Singingi Mardius Adi Saputra, SH yang menjadi Narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan mengenai tugas dan wewenang Bawaslu, dimana Bawaslu sendiri memiliki tugas dan wewenang dalam melakukan pencegahan, pengawasan, penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa.

Mengenai Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020, dimana Kabupaten Kuantan Singingi memperoleh peringkat 10 di Sumatera dan peringkat 1 di Provinsi Riau “ ini menjadi perhatian kita bersama, Perlu peran aktif dari kita untuk menjaga Pilkada ini tetap berjalan dengan aman dan damai ” Ujar Ketua Bawaslu Kuansing.

Dalam forum tersebut Adi Juga membahas mengenai netralitas ASN dan juga Kepala Desa dimana akan banyak peserta Pilkada nantinya yang akan merangkul Kepala Desa hingga perangkat Desa menjadi tim kampanye.

“kami menghimbau kepada ASN dan Kepala Desa untuk selalu menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 ini dan kepada tokoh – tokoh masyarakat di Kuansing mari bersama – sama kita awasi Pesta demokrasi ini. Kami juga berterima kasih kepada Polres Kabupaten Kuantan Singing atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga kedepannya Pilkada ini berjalan dengan sejuk aman dan kondusif ” harapnya.

Ketua Bawaslu menambahkan selain memastikan Pilakda ini berjalan dengan aman dan damai, kita juga harus tetap meperhatikan protokol covid 19, dimana Pilkada ini dapat berjalan dengan syarat utama yaitu mengikuti protokol – covid 19 pada setiap tahapannya. ***

Tag
BERITA