Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Kuansing Beri Materi Pendidikan Politik Bagi Pengurus Parpol

Teluk Kuantan (30/05/2022) – Ketua Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Mardius Adi Saputra,SH menjadi pemateri dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kabupaten Kuantan Singingi yang bertema Pendidikan Politik Bagi Pengurus Partai Politik Kabupaten Kuantan Singingi. Acara ini dilaksanakan pada hari senin (30/05/2022) di RM Sederhana Teluk Kuantan.

Peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh Pengurus Partai Politik yang ada diwilayah Kabupaten Kuantan Singingi. Pamateri dalam kegiatan tersebut diisi oleh Wakil Direktur Pusat Pengembangan dan Kajian Politik Universitas Indonesia, Hurriyah, S.Sos. S. Imas, Kabid Politik Kesbangpol Provinsi Riau, Ridwan Setiawan, Kabid Politik Kesbangpol Kuansing, Amrizal, Abdul Latif, Sepli Imran, Ketua KPU Kuantan Singingi  Irwan Yuhendi, Ketua Bawaslu Kuantan Singingi Mardius Adi Saputra. Acara tersebut dibuka langsung oleh kepala Kesbangpol Kabupaten Kuantan Singingi Bapak Muhjelan Arwan,SH.,MH.

Dalam kegiatan tersebut Adi panggilan akrab Ketua Bawaslu Kuansing menyampaikan mengenai perkembangan penyelenggaraan Pemilu serentak yang akan dimulai pada bulan depan “ seperti yang kita ketahui bahwa tahapan pemilu akan dimulai pada bulan depan, oleh karena itu perlunya seluruh elemen partai politik, penyelenggara, pemerintah daerah bersinergi dalam mensukseskan tahapan pemilu serentak tersebut ” ungkapnya.

Selanjutnya Adi mengutarakan bahwa dalam tahapan pemilu serentak berjalan akan beririsan dengan tahapan pemilihan serentak yang masing - masing mempunyai dasar hukum berbeda. “ begitu juga dengan penanganan pelanggaran yang berbeda, seperti dalam pemilu waktu penanganan pelanggaran berbeda dengan pemilihan, oleh karena itu nantinya kita mengajak semua elemen tersebut untuk sama - sama mensosialisakan dan mengenalkan kepada masyarakat dan peserta pemilu. ” ujarnya.

Ketua Bawaslu Kuansing berharap pendidikan politik ini tidak hanya kepada partai politik peserta pemilu.  “ harapan kita juga sampai kepada msyarakat, sehingga kita dapat mensukseskan pemilu dan pemilihan dengan sukses, aman dan damai serta berkualitas ” tuturnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi seputar Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang. ***

Tag
BERITA