Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kuansing buka Posko Pengaduan Pencatutan Nama dalam Sipol

Teluk Kuantan (22/08/2022) – Dalam rangka pencegahan terjadi pelanggaran dalam tahapan pendaftaran partai politik calon peserta pemilu tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi membuka posko pengaduan masyarakat dalam proses tahapan pendaftaran partai politik tahun 2024. Intruksi pembentukan posko tersebut dikeluarkan oleh Bawaslu RI melalui Intruksi Ketua Bawaslu Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pendirian Posko Pengaduan Masyarakat tanggal 11 Agustus 2022.

Tujuan dari pendirian posko aduan masyarakat ini adalah bertujuan untuk memastikan data masyarakat yang bukan anggota atau pengurus parpol tidak dicatut di dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Adapun pencatutan nama masyarakat yang bukan sebagai anggota atau pengurus parpol merupakan pelanggaran pemilu yang pada ujungnya berpotensi menyebabkan sengketa proses pemilu.

Posko yang didirikan oleh Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi ini dibuka didepan kantor sekretariat Bawaslu Kuantan Singingi Jalan Kesehatan (Balai Diklat Kabupaten Kuantan Singingi) mulai pukul 08.00 s.d 16.00 WIB selama hari kerja.

Teddy Niswansyah, S.I.Kom Koordinator Divisi Pengawasan Humas & Hubal Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi menyampaikan bahwa
"Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi juga menghimbau kepada aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi untuk memastikan dan memeriksa nama dan nomor induk kependudukan (NIK)-nya tidak ada pencatutan nama pejabat atau pegawai sebagai anggota ataupun pengurus partai politik. Jika ditemukan nama yang tidak seharusnya terdaftar agar dapat melaporkan hal tersebut ke Kantor Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi" ujarnya.

Himbauan serupa juga ditujukan kepada TNI dan Polri yang masih aktif agar dapat memeriksa NIK untuk memastikan tidak terdaftar sebagai anggota dan pengurus Partai Politik pada Pemilu 2024.

Bagi masyarakat yang ingin mengecek namnya dalam Sipol dapat melalui link https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik ***

Tag
BERITA