Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Coklit di Daerah Perbatasan, Bawaslu Kuansing Pastikan Tidak Ada Data Pemilih Ganda

Gambar

Nur Afni, S.Sos., M.H awasi langsung pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilihan 2024 di Kecamatan Singingi Hilir 

Teluk Kuantan - Anggota Bawaslu Kab. Kuansing Nur Afni awasi langsung pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilihan 2024 di Kecamatan Singingi Hilir yang merupakan wilayah perbatasan dengan Kabupaten Kampar. Dia meminta agar jajaran pengawas untuk memastikan  status warganya, diteliti apakah warga Kecamatan Singingi Hilir apa bukan, Kamis (4/6/2024).

"Pengawas Pemilu harus memastikan dan benar-benar cermat dalam mengawasi tahapan Coklit oleh Pantarlih dan jangan sampai nanti data di TPS tidak sinkron dengan data hasil pengawas Pemilu saat Coklit, sehingga harus dipastikan data pemilih tidak ada yang ganda," katanya.

Pengawasan terhadap Coklit data pemilih merupakan hal yang penting, karena ditahapan ini sering menjadi permasalahan DPT, untuk itu PKD harus menentukan fokus pengawasannya dengan memastikan Pantarlih benar-benar mendatangi kerumah pemilih.

"Saya mengingatkan kepada teman-teman pengawas wajib membawa Form A dan Alat kerja sebagai dokumentasi dalam melakukan pengawasan Coklit ini," ujarnya.

Afni menyebut bahwa belum ada kendala yang dialami jajaran dalam pengawasan terhadap tahapan Coklit dan sudah 90% tercoklit oleh Pantarlih, hanya saja masih ada sebagian yang belum tercoklit karena ada di daftar pemilih yang dimiliki Pantarlih alamat dan orang tidak diketahui. ***

Penulis : Aisyah

Editor : Rendy P Silaban